7 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Saat Kerja Sambil Kuliah

kerja sambil kuliah

Seiring kemajuan zaman, setiap orang juga dituntut untuk selalu mengembangkan diri menjadi lebih baik, terutama dalam hal skill. Jika tidak ada kemajuan sama sekali pada skill yang Anda miliki saat ini maka bisa saja Anda akan kalah bersaing dengan orang-orang baru. Salah satu cara terbaik untuk bisa mengembangkan diri adalah dengan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Jika khawatir dengan biaya kuliah yang dirasa tinggi, Anda bisa kerja sambil kuliah.

Saat ini ada banyak sekali mahasiswa yang memutuskan kerja sembari kuliah. Memang tidak mudah dilakukan namun jika ada keinginan kuat pasti bisa dijalani dengan baik. Ada beberapa pekerjaan yang bisa Anda lakukan jika ingin kuliah dan bekerja, di antaranya yaitu:

  • Menjadi Penulis Lepas

Konten berupa tulisan banyak dicari oleh para blogger yang tidak sempat menulis sendiri. Jika Anda memiliki kemampuan menulis maka Anda bisa menjadi seorang penulis lepas. Bayaran yang bisa didapatkan tergantung dari kemampuan Anda. Namun biasanya konten SEO memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan konten biasa. Kelebihan pekerjaan ini yaitu bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu datang langsung ke kantor. Bahkan Anda bisa menulis artikel di kos atau rumah.

  • Menjadi Tutor

Pekerjaan yang sering dilakukan oleh mahasiswa ketika berniat kerja sambil kuliah selanjutnya adalah tutor. Banyaknya orang tua yang membutuhkan tutor untuk anaknya membuat peluang menjadi tutor semakin tinggi. Jika tidak bisa mencari klien sendiri, Anda bisa bergabung dengan lembaga bimbingan belajar. Untuk menjadi tutor, Anda biasanya perlu menguasai pelajaran tertentu.

  • Menjadi Penerjemah

Menjadi penerjemah sebenarnya tidak harus menjadi mahasiswa sastra asing. Asalkan Anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, Anda bisa menjadi penerjemah. Pertimbangkan untuk menjadi penerjemah di lingkungan kampus. Pasalnya banyak mahasiswa lain yang membutuhkan penerjemah untuk jurnal ilmiah, hasil penelitian, dan lain sebagainya.

  • Menjadi Driver Online

Menjadi driver online bisa menjadi pekerjaan untuk Anda yang ingin mendapatkan tambahan uang. Biasanya perkuliahan hanya dilakukan beberapa jam saja dalam sehari sehingga waktu luang bisa digunakan untuk mencari uang. Waktu yang fleksibel merupakan kelebihan jika menjadi driver online.

  • Menjadi Content Creator

Anda tidak membutuhkan modal yang banyak untuk menjadi content creator. Hal yang paling dibutuhkan adalah kreativitas dan inovasi dalam memanfaatkan media sosial. Menjadi content creator yang sukses memang butuh perjuangan, namun hasilnya juga akan sangat tinggi.

Pilih Kelas Karyawan Agar Bisa Kerja Sembari Kuliah

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, Anda bisa mengambil kelas karyawan agar bisa kerja sambil kuliah. Kelas ini memang dihadirkan untuk para karyawan yang ingin mengembangkan diri dengan berkuliah. Salah satu kelebihan kelas karyawan yaitu jam kuliah yang disesuaikan dengan kebutuhan, biasanya yaitu pada sore hari atau akhir pekan.

Namun tidak semua perguruan tinggi menghadirkan kelas karyawan. IDS Digital College atau STMIK Indo Daya Suvana adalah salah satu perguruan tinggi yang menghadirkannya. Sesuai namanya, jurusan yang dihadirkan adalah jurusan di bidang IT yaitu Mobile Apps and Games Development, Software Engineering, dan Cyber Security. Ketiganya adalah jurusan yang sangat dibutuhkan saat ini sehingga peluang lulusannya untuk cepat bekerja sangat lebar.

Selain bekerja di perusahaan IT, lulusan IDS Digital College juga dilatih untuk menjadi entrepreneur. Banyak startup yang bekerja sama dengan kampus sehingga akan ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan. Tertarik kuliah di IDS Digital College? Anda bisa mendapatkan informasinya yang lebih lengkap di website ids.ac.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *